Kanwil Agama Sulsel Bersinergi Dengan Pemerintah Sulsel Menggelar Kegiatan Pekan Merdeka Toleransi 2022

KESBANGPOL SULSEL – Dalam rangkaian Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 kali ini, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan melakukan sebuah program Kegiatan Pekan Merdeka Toleransi dengan tema “Merdeka Dalam Keberagaman, Toleran Dalam Perbedaan”.

Salah satu kegiatan dari Pekan Merdeka Toleransi adalah Kemah Merdeka Toleransi yang dilaksanakan pada 15 s.d 17 Agustus 2022 yang berlokasi di Pondok Pesantren Darul Ulum Pakkatto Kab. Gowa, yang diikuti oleh siswa/siswi Lintas Agama dan Budaya yang berasal dari Sekolah umum dan Madrasah dari seluruh Kabupaten Kota se- Sulsel. Kemah Merdeka Toleransi ini juga diikuti oleh Pengurus FKUB dan Majelis Lintas Agama se Sulsel.

Turut hadir pada acara pembukaan Kemah Merdeka Toleransi ini, Ketua DPRD Prov. Sulsel, Kapolda Sulsel, B upati Gowa, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel, Kepala Badan Kesbangpol Pemprov. Sulsel, Ketua dan Pengurus FKUB Sulsel, Para Pimpinan Majelis Agama Sulsel serta Kakankemenag Kabupaten Kota se-Sulsel.

Kegiatan Kemah Merdeka Toleransi ini dilanjutkan dengan Karnaval sebagai salah satu rangkaian agenda dari Event Pekan Merdeka Toleransi Sulsel 2022, yang terdiri mulai dari Dialog Toleransi di Hotel Gammara, Pementasan Sendratari Bhineka Tunggal Ika di Hotel Claro, Kemah Merdeka Toleransi di Pakkatto Gowa, Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 juga di Pakkatto Gowa, Khutbah Seragam Bertema Toleransi se Sulsel, dan puncaknya adalah kegiatan Karnaval di Lapangan Karebosi Makassar.

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman membuka secara langsung Karnaval Merdeka Toleransi “Merdeka Dalam Keberagaman , Toleran Dalam Perbedaan” sebagai rangkaian kegiatan 17 Agustus, 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia di Lapangan Karebosi Makassar, Sabtu, 20 Agustus 2022. Serta menandatangani piagam Deklarasi Karebosi dan menerima piagam penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri RI.

Ada tiga poin Deklarasi Karebosi, berupa komitmen bersama untuk: 1. Memperkuat Nilai nilai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Keutuhan NKRI; 2. Memperkuat Moderasi Beragama dan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa; dan 3. Memperkuat Toleransi, Solidaritas Kemanusiaan dan Silaturrahmi Kebangsaan.

Pembacaan Deklarasi Karebosi ini kemudian diperkuat lagi dengan penandatanganan Bersama Piagam Karebosi oleh para unsur Forkopimda, yakni: Gubernur Sulsel, Ketua DPRD Propinsi, Kapolda, Kepala Kejaksaan Tinggi, Pangdam XIV Hasanuddin serta Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel. Dari unsur Tokoh Lintas Agama, penandatanganan dilakukan oleh Ketua FKUB Sulsel, Ketua MUI Sulsel, Ketua PGIW Sulselbara, Uskup Agung Keuskupan Agung Makassar, Ketua PHDI Sulsel, Ketua Walubi, Ketua Permabudhi, dan Ketua Matakin Sulsel.

Gubernur Sulsel dalam sambutannya mengapresiasi gagasan Kakanwil Kemenag Sulsel menggelar event Pekan Merdeka Toleransi. Menurutnya, event seperti ini merupakan ikhtiar mulia dalam merawat kerukunan antar umat beragama. “Kegiatan ini bisa dijadikan role model bagi yang lainnya dalam upaya mengukuhkan kembali nilai toleransi dan kerukunan di kalangan warga bangsa, khususnya di Sulsel,”

Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki yang menjadi inspektur Apel Kebangsaan juga kagum dengan gagasan Kanwil Kemenag Sulsel untuk menggelar Pekan Merdeka Toleransi. Dia menilai giat tersebut berhasil membangun sinergi berbagai komponen bangsa lainnya di Sulsel.

“Hari ini, Kementerian Agama Sulsel bersama sejumlah pihak memperlihatkan pengabdian, sumbangsih dan kerja kerasnya dalam membantu perjalanan bangsa ini. Di samping memeriahkan HUT ke 77 RI, giat ini juga menjadi ajang menumbuhkan sikap toleransi beragama dan bermasyarakat di tengah keberagaman,’’ puji Pangdam XIV Hasanuddin.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published.

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2023 Badan Kesatuan Bangsa dan Politik  Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan

Log in with your credentials

Forgot your details?