Rakor Plt Gubernur Sulsel dan Forkopimda: Percepatan Vaksinasi Menjadi Fokus Utama

KESBANGPOL SULSEL – Kamis, 13/01/2022, Pukul 10.00 Wita bertempat di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, dilaksanakan Rapat Koordinasi Pimpinan Daerah Sulsel dalam rangka Penanganan Covid-19 melalui Program Percepatan Vaksinasi untuk memenuhi target 100% di wilayah Sulawesi Selatan. Kegiatan Rapat dipimpin oleh langsung oleh Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Hadir dalam Rakor ini Ketua DPRD Prov. Sulsel, Kasdam XIV/Hasanuddin, Kapolda Sulsel, Kepala Kejati Sulsel, Pangkoops AU II, Danlantamal VI Makassar, Pangkosekhanudnas II, Kepala BIN Daerah Sulsel, Kepala Badan Kesbangpol Sulsel, beserta Plt. Kadis Kesehatan Sulsel. Rakor yang dihadiri oleh jajaran Forkopimda Sulsel ini turut diikuti secara virtual oleh Bupati/Walikota se Sulsel beserta Forkopimda Kabupaten/Kota se Sulsel.

Topik utama yang menjadi pembahasan pokok dari Rapat Koordinasi ini ialah Program Akselerasi Vaksinasi di Sulawesi Selatan yang telah melampaui target Presiden dengan presentase 70%, dimana Sulsel sendiri telah mencapai 71,95% per Desember. Tentu saja dengan berbagai upaya yang dilakukan seperti vaksinasi door to door dan drive thru,  kerjasama seluruh elemen baik Pemerintah Provinsi dan Kab/Kota, Forkopimda, BUMN, Swasta, maupun masyarakat secara general dengan kerjasama yang baik berbuah manis. Hal ini menyebabkan Sulsel yang sebelumnya menjadi salah satu provinsi dengan penyumbang jumlah pasien COVID cukup tinggi, kini berkurang drastis hingga grafik pasian COVID berangsur-angsur melandai.

“Alhamdulillah, tanggal 31 Desember 2021 kita berhasil memenuhi target bapak Presiden. Vaksinasi dosis 1 melebihi 70%. Saat ini, kondisi Covid-19 di Sulsel mulai berkurang. Saat ini, fokus kita ialah optimalisasi akselerasi percepatan vaksinasi untuk memenuhi target 100% hingga bulan Maret tahun 2022,” ungkap Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Selanjutnya, dalam meningkatnya jumlah vaksinasi, diperlukan fokus terhadap pemberian vaksin bagi lansia dan kelompok usia anak. ‘Saat ini sudah 6 Kabupaten/Kota yang mulai melakukan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, yakni Soppeng, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja Utara dan Palopo. Kita harap juga segera bisa dilakukan di kabupaten/kota lainnya,” tuturnya kembali.

Kerjasama yang baik sangat berperan dalam program akselerasi vaksinasi ini. Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Plt Gubernur Sulawesi Selatan berterima kasih kepada seluruh TNI-Polri, Kejaksaan, BIN, DPRD, Bupati/Walikota, serta tenaga kesehatan atas sinergi dan kerja bersama untuk percepatan vaksinasi. Kesuksesan yang diraih merupakan kesuksesan bersama.

Selain itu, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs. Nana Sudjana A.S. M.M., juga memaparkan hal-hal yang dapat memaksimalkan akselerasi vaksinasi di Sulsel. Mulai dari Penegakan Disiplin Prokes, Penguatan 3T (Testing, Tracing dan Treatment), serta dalam mencegah masuknya varian Omicron di Sulsel, diperlukan pengawasan ketat dan disiplin dalam menjaga pintu masuk melalui penerbangan.

Kegiatan ditutup dengan kesepakatan seluruh peserta rapat untuk semakin meningkatkan perlawanan terhadap COVID 19. Diperlukan upaya bersama untuk menjaga Sulawesi Selatan, dan seluruh peserta Rakor menunjukkan komitmen dan semangat demi kehidupan bermasyarakat yang aman dan tentram. (*)

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2022 Badan Kesatuan Bangsa dan Politik  Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan

Log in with your credentials

Forgot your details?